Dok. Jawa Pos
Award dari Superbrands Organization.
Jakarta, 05-Aug-2010
Jawa Pos Raih Superbrands Award sebagai Koran Paling Populer dan Tepercaya 2010-2011

JAKARTA - Jawa Pos kembali membuktikan sebagai koran harian dengan brand paling kuat di Indonesia. Media yang bermarkas di Surabaya itu menjadi satu-satunya media cetak yang mendapat anugerah Superbrands Award dari Superbrands Organization sebagai koran paling populer dan tepercaya periode 2010-2011. Penghargaan tersebut diberikan pada malam penghargaan Superbrands Award di Ballroom Mandarin Oriental Hotel, Jakarta, tadi malam (4/8).

Pemimpin Redaksi Jawa Pos Leak Kustiya secara langsung menerima penghargaan prestisius tersebut dari Eamonn Sadler, chief executive officer atau CEO Superbrands International. Leak menyatakan bangga karena Jawa Pos terpilih sebagai satu-satunya media cetak di tanah air yang menerima Superbrands. Apalagi, penghargaan itu diberikan berdasar hasil survei.

''Ini merupakan kebanggaan sekaligus sebuah tanggung jawab besar Jawa Pos sebagai sebuah brand untuk terus berada di tempat teratas, mengungguli koran-koran lain di Indonesia," tuturnya. Leak menambahkan, Jawa Pos sebagai koran dengan home base di luar Jakarta harus bekerja keras selama bertahun-tahun untuk mendapatkan prestasi ini. ''Award ini akan membuat kami bekerja lebih keras lagi," imbuhnya.

Penghargaan Superbrands Award kali ini sedikit berbeda. Setelah enam kali dihelat, sejak 2004, untuk kali pertama Superbrands menggandeng The Nielsen Company Indonesia untuk menyurvei pelanggan. "Kami yakin Superbrands merupakan penghargaan yang tepercaya. Karena itu, dalam melakukan survei kami menggandeng perusahaan tepercaya juga," kata Chairman Superbrands Indonesia Alistair G. Speirs.

Secara global Superbrands telah mengkaji merek-merek maupun korporasi unggulan berdasar lima kriteria, yaitu dominasi pasar, jangka waktu yang panjang, niat baik, kesetiaan konsumen, dan penerimaan pasar. ''Superbrands bangga dapat bekerja sama dengan brand maupun korporasi terkemuka di Indonesia. Kami yakin produk Indonesia akan mampu bersaing di kancah global," lanjut Speirs.

Executive Director Consumer Research The Nielsen Company Indonesia Catherine Eddy menyatakan, sebelumnya Hongkong, Malaysia, Singapura, dan Vietnam juga menggunakan hasil riset untuk menentukan Superbrands. Menurut dia, riset untuk penentuan Superbrands kali ini dilakukan di enam kota besar. Yakni, Jakarta, Medan, Bandung, Surabaya, Semarang, dan Makassar. Nielsen melakukan riset untuk lebih dari 75 kategori. Jawa Pos merupakan yang pertama.

Superbrands menganugerahkan 53 penghargaan kepada pelbagai merek dari kategori produk dan jasa. Para penerima Superbrands di katetori masing-masing adalah Holcim, Indomaret, Oke Shop, Trac, Ultraflu, Telesindo Shop, Sania, Top 1, Sarung Gajah Duduk, Dua Belibis, Indomie, Toyota, Indomilk, Softex, Esia, GT Man, Bimoli, Mustika Ratu, dan RCTI. (ign/c2/iro)

Based in Surabaya, East Java, Jawa Pos is one of the biggest newspapers in Indonesia.
Number one in readership according to Nielsen Media Research at the end of 2009.
Jawa Pos is a trendsetting and award winning newspaper, with circulation of over 400.000 copies daily.